Wakil Bupati Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Isyak Meirobie mengatakan Pancasila telah menjadi ideologi yang mampu menjadi perekat kemajemukan dan keberagaman bangsa Indonesia.

"Pancasila menjadi sebuah ideologi yang mengikat seluruh masyarakat dan kekuatan ini menjadi dasar sendi kehidupan masyarakat dalam mempertahankan NKRI," katanya di Tanjung Pandan, Jumat. 

Hal ini disampaikannya dalam rangka memperingati Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober 2021. 

Menurut dia, bangsa Indonesia dari waktu ke waktu senantiasa mengalami ujian dan tantangan mengenai ideologi bangsa. 

Namun, lanjut dia, tantangan dan ujian tersebut selalu dapat dipatahkan dengan pembuktian bahwa bangsa Indonesia dapat tetap berdiri tegak di atas sebuah ideologi yang mengikat seluruh masyarakat yaitu Pancasila. 

Ia mengatakan, di tengah transformasi kemajuan zaman, "proxy war" dan digitalisasi maka ujian terhadap Pancasila semakin kompleks. 

"Hal tersebut diciptakan oleh para lawan dengan tujuan melemahkan Pancasila itu sendiri," katanya. 

Isyak menambahkan, maka dari itu melalui momentum peringatan hari Kesaktian Pancasila dirinya mengajak masyarakat untuk terus menjaga dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila. 

"Pancasila adalah pilihan paling tepat karena Pancasila tidak lekang oleh waktu dan selalu memperbaharui diri untuk menjadi ideologi yang tidak kadaluwarsa sehingga menjadi kekuatan sangat besar dan diakui negara lain sebagai pilihan terbaik," ujarnya.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021