Koba (Antara Babel) - Warga yang tinggal di Pulau Semujur, Desa Kebintik, Kecamatan Pangkalanbaru, Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengeluhkan sulitnya mendapatkan pelayanan kesehatan.

"Rata-rata warga mengeluhkan kurangnya pelayanan medis. Kami sangat membutuhkan tenaga medis dan kapal cepat untuk mengangkut warga yang sakit," kata Ketua RT Semujur, Sumaidi di Semujur, Selasa.

Ia menjelaskan, jarak pulau tersebut dari rumah sakit dan puskesmas terdekat cukup jauh dan untuk menjangkaunya membutuhkan alat transportasi yang memadai.

"Terutama kalau ada warga yang mengalami sakit keras pada malam hari, tentu membutuh sarana transportasi yang memadai berupa kapal cepat," ujarnya.

Selama ini, menurut dia, kalau ada warga yang mengalami sakit cukup serius terpaksa menggunakan perahu nelayan untuk menyeberangi pulau menuju rumah sakit.

"Sebenarnya kurang memadai menggunakan perahu nelayan, apalagi untuk warga yang membutuhkan pertolongan cepat," ujarnya.

Ia meminta pemerintah daerah menyediakan kapal cepat yang khusus untuk mengangkut orang sakit dan tenaga medis yang selalu siaga di Pulau Semujur.

"Kendala kami yang tinggal di pulau ini apabila ada warga yang sakit, tentu harus menyeberang pulau untuk mendapatkan pelayanan medis di rumah sakit," ujarnya.

Sementara Risma warga setempat mengharapkan pemerintah daerah memperhatikan kondisi kehidupan warga di Pulau Semujur.

"Setidaknya pemerintah menyediakan fasilitas untuk bisa digunakan masyarakat, misalnya perahu, pelayanan medis, pendidikan dan fasilitas lainnya," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2015