Anggota DPRD Kabupaten Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Marianto menyarankan masyarakat desa yang menyelenggarakan pemilihan kepala desa dapat dengan cerdas memilih calon pemimpin desanya untuk menentukan pembangunan desa selama periodenya.

Hal itu dikatakanya di Sungailiat, Selasa menanggapi pelaksanaan pemilihan kepala desa serentak di 44 desa di daerah itu yang dijadwalkan, Rabu 13 Oktober 2021.
 
Dia menilai, pemilihan kepala desa merupakan  indikator dan barometer demokrasi di Indonesia tingkat bawah sekaligus edukasi pencerdasan masyarakat desa memilih langsung pemimpinnya.

"Pemilihan kepala desa menjadi ruang bagi masyarakat desa setempat untuk melihat kompetensi, kapasitas kredibilitas kepemimpinan di "akar rumput"," katanya.

Dikatakan, pelakanaan pilkades serentak menjadi momentum penting dan perhatian serius bagi pemerintah dan semua pihak mulai dari pola pelaksanaanya yang dipilih secara langsung sampai dengan regulasinya.

"Dengan terpilihnya seorang kepala desa yang berkompeten, akan memberikan magnet dalam menentukan kepemimpinan tingkat kabupaten, propinsi hingga nasional," ujarnya.

Meskipun pemilihan kepala desa, kata Marianto masyarakat dituntut dengan cerdas memilih pilihan atas pertimbangan kompetensi, intekektual, emosional, spritual serta "leadership" seorang calon yang mampu memberikan solusi pembangunan, dan semua permasalahan.



 

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021