Muntok (Antara Babel) - Kepala Polres Bangka Barat, Kepulauan Bangka Belitung, mengimbau kepada seluruh pelajar yang akan merayakan kelulusan untuk tidak melakukan aksi vandalisme seperti yang telah terjadi beberapa waktu lalu di sejumlah lokasi di Kota Muntok.

"Kami harapkan siswa tingkat SMP dan SD yang akan segera melaksanakan pengumuman kelulusan tidak mengikuti jejak para pelajar SMA kemarin yang merayakan kelulusan dengan berlebihan karena akan mengganggu kenyamanan, keamanan dan ketertiban masyarakat," ujar Kapolres AKBP Daniel Viktor Tobing, di Muntok, Kamis.

Hal ini disampaikan Kapolres Daniel di hadapan ratusan pelajar dan tamu undangan pada kegiatan Gebyar Bangka Barat Membaca yang digelar di Gedung Pertemuan Unit Metalurgi Muntok.

Ia mengatakan, kelulusan merupakan hal yang patut disyukuri, namun dalam suka cita tidak dibenarkan merayakannya dengan euforia berlebihan yang berpotensi mengganggu terwujudnya situasi kondusif di masyarakat.

"Rayakan dengan santun seperti yang dilakukan pelajar SMA Negeri 1 Muntok akan lebih bermanfaat dibandingkan arak-arakan menggunakan sepeda motor keliling kota, aksi corat-coret tembok, minum-minuman keras dan tindak negatif lainnya," kata dia.

Untuk mencegah euforia kalulusan, dia berharap, seluruh sekolah bisa mengontrol siswanya dan menggelar perayaan kelulusan dengan kemasan yang lebih kreatif dan berbudaya.

"Jika imbauan dan upaya antisipasi lain yang dilakukan polisi tidak diindahkan dan para pelajar tetap melanggar hukum yang berlaku, kami terpaksa melakukan tindakan sebagai salah satu bentuk pembinaan," kata dia.

Untuk itu, pihaknya berharap semua elemen untuk ikut berperan agar tindak vandalisme dan perilaku menyimpang lain di kalangan pelajar bisa dicegah sejak awal.

Sebelumnya, pada saat kelulusan pelajar tingkat SMA dan sederajat, sejumlah pelajar berpakaian seragam yang sudah dicorat-coret menggunakan cat semprot merayakan kelulusan dengan berkonvoi sepeda motor hingga larut malam.

Bersamaan dengan konvoi keliling kota tersebut, mereka melakukan beberapa aksi tidak terpuji yaitu melakukan aksi vandalisme di sejumlah dinding, salah satunya dinding dan gapura menuju lokasi Pesanggrahan Menumbing Muntok dan beberapa lokasi lain

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2015