Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mengatakan pasien yang masih wajib menjalani isolasi atau perawatan di daerah itu tersisa 28 orang.

"Dalam dua hari ini tidak ada tambahan kasus baru di daerah ini sehingga pasien wajib isolasi terus berkurang, dan hari ini tinggal 28 orang," kata Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Bangka Barat M. Putra Kusuma di Mentok, Senin.

Ia menjelaskan, 28 orang pasien aktif tersebut berasal dari Kecamatan Mentok 14 orang, Simpangteritip tiga, Jebus empat, Parittiga empat, Kelapa dua dan dari Kecamatan Tempilang satu orang.

"Dengan perkembangan kasus dan pola penanganan yang dilakukan selama ini, status Bangka Barat dalam Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) sudah mengarah ke Level 2," katanya.

Meskipun perkembangan yang terjadi semakin membaik, namun Putra mengajak warga tetap waspada dan patuh menjalankan protokol kesehatan 5M secara disiplin untuk meminimalkan risiko penularan virus.

Berdasarkan data Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Bangka Barat, hari ini juga ada tambahan kasus pasien meninggal dunia satu orang dari Kecamatan Tempilang, sehingga total menjadi 135 kasus selama pandemi berlangsung.

Sementara pasien yang dinyatakan sembuh atau selesai menjalani perawatan dan karantina bertambah 14 orang, dari Mentok tiga, Jebus sembilan dan Tempilang dua.

Dengan tambahan 14 pasien sembuh hari ini, secara keseluruhan pasien sembuh COVID-19 sebanyak 5.393 orang, dari total kasus 5.556 selama pandemi berlangsung, atau sebanyak 97,1 persen.

"Selain disiplin menjalankan protokol kesehatan, kami juga mengajak warga untuk segera melakukan vaksinasi di gerai-gerai yang sudah disiapkan untuk membantu mempercepat terwujudnya kekebalan komunal," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021