Muntok (Antara Babel) - Pesanggrahan Menumbing Muntok, Kabupaten Bangka Barat, Kepulauan Bangka Belitung akan dilengkapi sejumlah diorama peristiwa penting terkait pengasingan Proklamator dan sejumlah pejuang Kemerdekaan RI di Muntok.

"Tahun ini masih tahap persiapan dan penyusunan rencana kegiatan, kami harapkan usulan ini disetujui dan bisa direalisasikan pada 2016," ujar petugas pengelola Pesanggrahan Muntok, A Yunianta di Muntok, Minggu.

Ia mengatakan, diorama rencananya akan dibuat berdasarkan beberapa penggal peristiwa yang terjadi di Muntok, pada saat Soekarno, M Hatta, Pringgodigdo dan belasan pejuang Kemerdekaan RI diasingkan Belanda di Muntok, medio 1948 hingga 1949.

"Kami berharap diorama ini bisa membuat penampilan Pesanggrahan Menumbing lebih menarik untuk dikunjungi dan bisa meningkatkan jumlah kunjungan wisata ke Bangka Barat," katanya.

Selain itu, menurut dia, diorama perjuangan tersebut diharapkan mampu meningkatkan pengetahuan dan pemahaman sejarah bagi pengunjung, khususnya generasi muda dan pelajar.

"Dengan adanya diorama, mungkin akan memudahkan pengunjung untuk memahami beberapa peristiwa sejarah yang terjadi di Muntok waktu itu," ujarnya.

Menurut dia, diorama tersebut rancananya akan dipajang di gedung utama Pesanggrahan Menumbing memanfaatkan ruang yang saat ini dijadikan ruang tunggu tamu.

Kepala Bidang Informatika Dinas Perhubungan, Kebudayaan, Pariwisata dan Informatika Kabupaten Bangka Barat, Henry Een Firsanto mendukung rencana pengadaan diorama di lokasi salah satu cagar budaya tersebut.

"Agar lebih menarik lagi jika penguatan karakter Pesanggrahan Menumbing dilakukan dari jalan simpang masuk lokasi dengan pembangunan patung Proklamator RI atau bentuk patung perjuangan lainnya," katanya.

Selain itu, menurut dia, untuk menghidupkan suasana perjuangan dan semangat nasionalisme, beberapa titik di sepanjang jalan menuju pesanggrahan juga bisa dibangun relief peristiwa perjuangan.

"Kami yakin adanya pembangunan itu akan mampu menghidupkan suasana Pesanggrahan Menumbing dan akan memberikan dampak luar biasa bagi perkembangan pariwisata daerah," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2015