Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumatera Selatan memberikan penghargaan peduli menjaga satwa dilindungi ke PT Timah Tbk, sebagai bentuk apresiasi pemerintah kepada perusahaan dalam penyelamatan dan rehabilitasi satwa terancam punah.

"Penghargaan ini sebagai bentuk apresiasi kami kepada PT Timah yang telah melakukan konservasi satwa liar," kata Kepala BKSDA Sumsel Ujang Wisnu Barata saat pelepasliaran delapan satwa langka di Kawasan Suaka Margasatwa Padang Sugihan, Sabtu.
 
Ia mengatakan PT Timah sudah lama menunjukkan kepeduliannya terhadap satwa, hal ini terlihat dari PT Timah Tbk yang telah mengantongi izin penangkaran rusa. Kemudian sejak 2018 silam PT Timah memberikan dukungan penuh terkait Pusat Penyelamatan Satwa.

“Kita dengan PT Timah sudah sering berinteraksi, PT Timah punya izin penangkaran, dan mitra kita Yayasan Alobi itu bermitra dengan PT Timah Tbk, sebagaimana kita ketahui PT Timah Tbk ini sangat mendukung sekali kegiatan Alobi dalam penyelamatan dan rehabilitasi satwa hingga merilis satwa kembali ke habitatnya. Kita mengapresiasi hal ini," ujarnya.

Menurut dia apa yang telah dilakukan PT Timah Tbk bersama yayasan Alobi ini memberikan dampak yang luas bagi masyarakat, keberlangsungan ekosistem. 

“Dampak cukup besar terutama tentang edukasi masyarakat, kenapa satwa itu harus dikembalikan ke habitatnya, jangan dipelihara. Ini yang perlu dilakukan bersama untuk mengedukasi masyarakat sehingga munculnya kesadaran dan sekarang ini sudah mulai timbul kesadarannya. Kita ini tidak hanya menjaga kelestarian satwa tapi juga mempertahankan ekosistem,” katanya.

Manager PPS Alobi Foundation (Alobi) Endy R Yusuf mengatakan dukungan PT Timah Tbk tidak hanya pelepasliaran satwa ini saja, tetapi perusahaan berplat merah ini juga  menjadi sponsor utama dalam PPS Alobi di Bangka Belitung. 

Ia menilai PT Timah Tbk, berkomitmen dan konsisten dalam upaya melakukan rehabilitasi satwa terutama di PPS Alobi Air Jangkang. 

“Banyak sekali dukungannya, Alobi dalam melaksanakan tugas di PPS juga disupport penuh oleh PT Timah Tbk jadi sponsorship utama mulai dari menyediakan lahan, sarana dan prasarana seperti kandang, operasional, pakan hewan dan lainnya, PT Timah Tbk menyediakan 37 kandang untuk rehabilitasi satwa,” katanya.

Pewarta: Aprionis

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021