Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mencatat 10 partai politik di daerah itu telah mengambil dana bantuan keuangan politik tahun 2021.

"Kami pastikan seluruh partai politik yang memiliki kursi di DPRD sudah mengambil dana bantuan partai politik," Kata Kepala Bidang Politik Dalam dan Negeri dan Ormas Badan Kesbangpol Belitung, Wandi Suparto di Tanjung Pandan, Senin.

Menurut dia, Pemerintah Kabupaten Belitung telah menganggarkan dana bantuan partai politik tahun 2021 sebesar Rp1,33 miliar untuk 88.915 suara berdasarkan hasil perolehan suara 10 partai politik yang memiliki kursi di DPRD setempat pada Pemilu 2019 lalu.

Ia mengatakan, pemerintah daerah juga telah menaikan bantuan keuangan partai politik tahun 2021 menjadi Rp15 ribu per suara dari tahun sebelumnya Rp7.871 per suara.

"Memang bisa dinaikan sesuai dengan kondisi keuangan daerah maka kami harapkan dengan dinaikan menjadi Rp15 ribu per suara kegiatan partai politik dapat lebih banyak," ujarnya.

Ia menambhakan, sesuai aturan dana bantuan partai politik tersebut dapat digunakan oleh partai politik untuk keperluan biaya operasional partai dan pelaksanaaan pendidikan politik kepada masyarakat.

"Jadi penggunaan anggaran untuk kegiatan pendidikan politik kepada masyarakat memang harus lebih utama minimal 51 persen," katanya.

Selain itu, lanjut Wandi, berdasarkan Permendagri Nomor 70 Tahun 2020 tentang Perubahan Permendagri Nomor 36 Tahun 3018 tentang Bantuan Keuangan Parai Poltik bahwa dana bantuan tersebut dapat digunakan  untuk keperluan penanganan COVID-19 seperti pembelian masker, cairan pembersih tangan dan obat-obatan.

Ia berharap, partai politik di daerah itu dapat menggunakan dana bantuan partai politik tersebut dengan sebaik mungkin dengan waktu yang tersisa sekarang ini.

"Karena 15 Januari dan paling lambat 31 Januari mereka sudah harus menyerahkan laporan ke BPK RI dan pad 1 April LHP BPK keluar baru mereka bisa mengajukan kembali proposal pencairan tahun berjalan," ujarnya.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021