Pangkalpinang (Antara Babel) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Kota Pangkalpinang memprakirakan tinggi gelombang di perairan Selat Karimata mencapai dua meter dan berlaku mulai Minggu (30/5) pukul 07.00 WIB.

"Diimbau bagi nelayan dan seluruh kapal yang hendak berlayar agar tetap meningkatkan kewaspadaan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan," kata staf Unit Analisis pada Kantor BMKG Pangkalpinang, Akhmad Fadholi, Sabtu.

Menurut dia, tinggi gelombang disertai dengan kecepatan angin berkisar 12 - 34 kilometer per jam, sedangkan tinggi gelombang di perairan Utara Bangka, Selatan Bangka dan Selat Galasa masing-masing 1,3 meter dengan kecepatan angin masing-masing 11 - 32 kilometer, 10 - 31 kilometer dan 12 - 31 kilometer per jam.

Sementara itu, tinggi gelombang di perairan Selat Bangka hanya berkisar satu meter dengan kecepatan angin berkisar 10 - 27 kilometer per jam.

"Arah  mata angin di seluruh perairan tersebut berhembus dari Tenggara ke Selatan," ujarnya.

Ia mengatakan, dua dari tujuh daratan di kota/kabupaten yang ada di Babel berpotensi hujan dengan intensitas ringan.

Dua daratan tersebut yakni, Kabupaten Bangka dan Bangka Selatan, sedangkan Kabupaten Bangka Barat, Bangka, Belitung, Belitung Timur dan Kota Pangkalpinang hanya berawan tanpa berpotensi hujan.

"Dua daratan tersebut berpotensi hujan ringan belum ada tanda-tanda hujan sedang atau pun deras," katanya.

Pewarta: Mulki

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2015