Muntok (Antara Babel) - Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka Barat, Kepulauan Bangka Belitung menggelar operasi bibir sumbing gratis sebagai bentuk kepedulian dan perhatian pemerintah daerah terhadap para penderita.

"Pada bakti sosial operasi gratis ini kami menjalin kerja sama dengan RSUD Sejiran Setason dan Yayasan Senyum Sejahtera Jakarta dengan melibatkan sejumlah dokter," kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bangka Barat, Andri Nurtito, di Muntok, Minggu.

Ia mengatakan, operasi bibir sumbing yang dilaksanakan di ruang operasi RSUD Sejiran Setason itu melibatkan satu orang dokter spesialis bedah plastik, satu dokter spesialis anestesi dan petugas penata anestesi yang didatangkan langsung dari Jakarta.

"Mereka dibantu tenaga medis seperti tim bedah dan tim anastesi dari RSUD Sejiran Setason," kata dia.

Menurut dia, pelaksanaan operasi bibir sumbing gratis yang dilaksanakan pada Sabtu (30/5) dan Minggu tersebut dalam rangka memperingati HUT Kabupaten Bangka Barat ke-12.

"Selain operasi bibir sumbing, kami juga memberikan pelayanan operasi gratis bagi penderita langit-langit sumbing yang ada di wilayah Bangka Barat," kata dia.

Menurut dia, para penderita yang dioperasi tersebut merupakan peserta yang berhasil dihimpun melalui seluruh pusat kesehatan masyarakat yang tersebar di seluruh enam kecamatan di daerah itu.

Ia menjelaskan, dari hasil penjaringan yang dilakukan selama satu bulan tersebut, petugas berhasil menemukan sebanyak 25 orang penderita yang kemudian dilanjutkan dengan proses diagnosa melalui tim medis yang ada di RSUD Sejiran Setason.

"Dari sebanyak 25 orang yang diusulkan, yang bersedia dioperasi hanya 16 orang dengan rincian 14 orang laki-laki dan dua orang perempuan, terdiri dari warga usia dewasa dan anak-anak," kata dia.

Ia menambahkan, untuk sembilan orang yang belum dioperasi memang tidak jadi ditindaklanjuti dengan penanganan operasi karena berbagai alasan.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2015