Satuan Gugus Tugas (Satgas) COVID-19 Kabupaten Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mencatat sebanyak 11.817 orang lanjut usia (lansia) di daerah itu sudah menerima vaksin dosis pertama.

"Sampai hari ini realisasi vaksin dosis pertama untuk kelompok lansia sudah mencapai 11.817 orang atau 51,41 persen dari total cakupan sasaran sebanyak 22.988 lansia," kata Jubir COVID-19 Kabupaten Bangka Boy Yandra di Sungailiat, Senin.

Sedangkan vaksin dosis kedua pada kelompok yang sama kata dia, sudah terealisasi 9.433 orang atau sebesar  41,03 persen. Begitu pula dengan vaksin di kelompok usia wajib vaksin lainnya juga mengalami peningkatan.

Pemerintah daerah didukung pihak TNI, Polri, partai politik dan organisasi ke masyarakat terus menggencarkan layanan vaksinasi ke masyarakat dengan membuka puluhan gerai vaksin.

"Gerai vaksin dibuka setiap hari mulai dari tingkat desa sampai di kabupaten dengan harapan cakupan target vaksin mencapai minimal 70 persen hingga akhir tahun 2021 dari total sasaran 255.161 orang" kata Boy Yandra.

Dia optimis target tersebut dapat tercapai karena dilihat angka partisipasi masyarakat untuk mendapat vaksin cukup tinggi di setiap gerai.

"Saya ingatkan masyarakat usia wajib vaksin yang belum menerima vaksin baik dosis pertama dan kedua untuk segera mendapatkannya di gerai layanan terdekat," ujarnya.

Sementara penerapan prokes disejumlah lembaga pendidikan formal yang menyelenggarakan belajar tatap muka kata dia, sudah diterapkan aturan tersebut dengan ketat oleh penyelenggara pendidikan.

"Prokes COVID-19 saya lihat sudah diterapkan di lingkungan sekolah mulai dari pemeriksaan saat hendak masuk bagi peserta didik sampai pembatasan jumlah siswa di masing - masing ruang belajar," jelasnya.

Pewarta: Kasmono

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021