Kapolda Kepulauan Bangka Belitung, Irjen Pol Anang Syarif Hidayat di akhir masa jabatannya meluncurkan buku berjudul "Bangka Belitung Ini Indah", Rabu (3/11).

"Hari ini saya meluncurkan buku tentang pariwisata dengan judul buku Bangka Belitung Ini Indah. Kami bersama tim membuat buku ini karena keinginan saya dan berdasarkan pengalaman saya selama bertugas dua tahun di Babel," katanya saat memberikan sambutan.

Menurutnya sektor pariwisata perlu digali karena Babel ini sangat luar biasa potensinya. 

"Buku ini diharapkan dapat menjadi penggugah bagi masyarakat bahwa tidak hanya fokus dengan satu sektor pertambangan saja, tapi ada sektor lainnya yang bisa kita gali dan menghasilkan produksifitas yang besar," katanya.

Dirinya berterimakasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam proses penerbitan buku ini.

"Harapan dari gubernur tadi juga, bahwa buku ini diharapkan keluar jilid-jilid lainnya. Karena eksploitasi lainnya di sini baru sedikit, belum banyak keindahan Babel yang diisi dibuku ini," ujarnya.

Dikatakannya, buku ini juga bisa menjadi sebagai pemicu dan akan berusaha lagi untuk membuat lebih baik dan banyak lagi.

"Buku ini ada 160 halaman dan dibuat selama enam bulan terakhir ini. Buku ini kita hanya cetak 300 buah. Kita buat nanti dalam bentuk PDF untuk masyarakat agar bisa membacanya juga," katanya.

Ia mengatakan, di dalam buku tersebut ada suatu harapan dan kritik untuk pemerintah agar lebih perhatian masalah pariwisata pasca pandemi.

"Kita lihat fasilitas pariwisata banyak terbengkalai, ini harus kita benahi karena fasilitas pendukung masih banyak yang kosong. Ini bisa untuk menggiatkan pariwisata kita. Kalau dalam konteks ini, Babel sangat indah dan patut dipromosikan lebih masif lagi agar bisa dikenal di dunia," katanya.

Menurutnya orang bisa berbisnis di sini dalam hal apapun, tapi jangan lupa ada bisnis-bisnis seperti itu ada hal yang perlu dikunjungi halnya wisata.

"Dari awal saya bertugas sebagai anggota Polri di Babel saya sudah menikmati indahnya Babel. Sudah 10 tahun saya menjadi Pilot Polri dan sudah banyak melihat keindahan Indonesia. Setiap saya melihat keindahan dari atas saya selalu datangi itu dan sy eksploitasi dan berharap ini bisa jadi daerah pariwisata," katanya.

Pewarta: Try Mustika Hardi

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021