Satgas Penanganan COVID-19 Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyatakan 81 dari 96 unit isolasi terpusat (isoter) kosong pasien COVID-19, seiring semakin berkurangnya kasus orang terpapar virus corona di daerah itu.

"Hari ini hanya ada 10 orang pasien COVID-19 yang menjalani karantina di isoter," kata Sekretaris Satgas Penanganan COVID-19 Provinsi Kepulauan Babel Mikron Antariksa di Pangkalpinang, Kamis.

Ia menjelaskan sebanyak 81 unit isoter yang nihil pasien COVID-19 tersebut tersebar di Kabupaten Belitung 38 unit, Belitung Timur 24, Bangka Tengah 18 dan Bangka Selatan satu unit isoter.

"Saat ini hanya 10 dari 1,069 tempat tidur yang terisi pasien COVID-19, sementara 1.059 tempat tidur lainnya belum terisi pasien terpapar virus corona," katanya.

Ia mengatakan berdasarkan data harian kasus COVID-19 terbaru, pasien positif terpapar virus corona bertambah 16 tersebar di Bangka Tengah enam, Bangka empat, Pangkalpinang empat, Bangka Barat satu orang dan Belitung satu orang.

Demikian juga pasien sembuh dari COVID-19 juga bertambah 18 orang tersebar di Pangkalpinang delapan, Bangka tiga, Bangka Tengah dua, Bangka Barat dua, Bangka Selatan selatan dan Belitung dua orang.

"Saat ini pasien aktif COVID-19 sebanyak 122 orang dan menjalani isolasi di isoter 10, isolasi mandiri 88 dan selebihnya dirawat di rumah sakit rujukan," katanya.

Ia berharap pasien COVID-19 yang menjalani isolasi mandiri untuk pindah ke isoter, untuk mempercepat kesembuhan dan memutus mata rantai penularan virus corona ini.

"Jika dirawat di isoter, pasien ini tentu akan lebih mendapatkan pengawasan dan perawatan medis yang lebih baik. Oleh karena itu, diharapkan masyarakat terpapar corona ini untuk memanfaatkan fasilitas kesehatan ini," katanya. 

 

Pewarta: Aprionis

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021