Wakil Bupati Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Syahbudin, mengingatkan seluruh masyarakat untuk meningkatkan kebersihan lingkungan guna mencegah terjadinya banjir saat musim penghujan.

"Saya ingatkan masyarakat, terutama di kawasan yang rawan banjir, agar benar-benar memperhatikan kebersihan lingkungan, seperti saluran air dipastikan bersih dari tumpukan sampah yang dapat menghambat kelancaran air mengalir mengingat curah hujan beberapa hari ini cukup tinggi," kata wabup di Sungailiat, Senin.

Wabup menyarankan pihak RT atau kepala lingkungan maupun kelurahan dapat menggerakkan warganya untuk bergotong royong membersihkan lingkungan atau tempat yang dapat mengancam terjadinya banjir.

"Meskipun air banjir yang menggenang di sejumlah kawasan pemukiman atau tempat lainnya cepat surut, namun harus tetap diwaspadai dan dilakukan pencegahan," ujarnya.

Kebersihan lingkungan, kata dia, tidak hanya mencegah terjadinya banjir, tetapi juga mencegah penyebaran penyakit, seperti malaria yang diakibatkan gigitan nyamuk dan jenis penyakit lainnya.

"Saya minta ketua RT, kepala lingkungan atau pihak kelurahan jika terjadi musibah bencana alam di lingkungannya segera dikoordinasikan dengan dinas terkait, seperti BPBD atau instansi lainnya agar segera dilakukan pertolongan," katanya.

Penanggulangan dan pencegahan bencana harus dilakukan bersama semua unsur dari tingkat desa sampai tingkat kabupaten, termasuk peran aktif masyarakat.

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021