Satgas Penanganan COVID-19 Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengatakan pasien wajib isolasi COVID-19 di daerah itu bertambah 11 orang, sehingga menjadi 112 pasien.

"Hari ini kasus harian COVID-19 bertambah 11 orang atau meningkat dibandingkan sebelumnya sebanyak 4 orang," kata Sekretaris Satgas COVID-19 Provinsi Kepulauan Babel Mikron Antariksa di Pangkalpinang, Rabu.

Ia menjelaskan berdasarkan data terbaru, 11 pasien yang wajib menjalani isolasi COVID-19 tersebut tersebar di Pangkalpinang 2, Bangka Barat 2, Belitung 3, Belitung Timur 2, Bangka 1, Bangka Tengah 1 orang.

Sementara pasien COVID-19 yang sedang menjalani isolasi mandiri, isolasi terpusat dan di rumah sakit rujukan sebanyak 112 orang, tersebar di Kabupaten Bangka 26, Pangkalpinang 32, Bangka Tengah 19, Bangka Barat 8, Bangka Selatan 4, Belitung 8 dan Belitung Timur 15 orang.

"Alhamdulillah dalam dua hari terakhir ini tidak ada pasien meninggal akibat COVID-19," katanya.

Ia mengatakan pasien sembuh dari COVID-19 juga bertambah 17 orang yang tersebar di Bangka Barat 9, Belitung 2, Belitung Timur 1, Bangka 1, Bangka Tengah 1 dan Kota Pangkalpinang 1 orang.

"Akumulasi mingguan dan bulanan kasus terkonfirmasi di Bangka Belitung, pada prinsipnya sudah mengalami penurunan. Hal ini sebagai buah dari kebijakan semua kepala daerah untuk dapat mengisolasi seluruh pasien yang terkonfirmasi positif ke lokasi isolasi terpadu," ujarnya.

Selain itu, penurunan kasus ini juga karena semakin meningkatnya pengetahuan dan kesadaran masyarakat untuk melaksanakan vaksinasi serta protokol kesehatan dalam kehidupan sehari-hari.

"Saat ini Kabupaten Bangka Tengah memiliki tingkat kasus terkonfirmasi yang tertinggi, untuk antisipasi persoalan tersebut, dibutuhkan sarana dan prasarana yang memadai untuk melaksanakan isolasi terpadu serta prokes," katanya.

Pewarta: Aprionis

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021