Umat Hindu di Dusun Balitung, Desa Pelepak Puteh, Sijuk, Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, merayakan hari raya Galungan yang berlangsung secara khidmat dan penuh kedamaian, Rabu pagi.

"Hari Raya Galungan dalam rangka memperingati kemenangan Dharma atau kebaikan melawan Adharma atau keburukan," kata Bendesa Adat Balitung atau Ketua Adat Dusun Balitung, I Made Duniarta di Sijuk, Rabu.

Ia mengatakan, Hari Raya Galungan dirayakan oleh umat Hindu setiap 210 hari sekali dengan menggunakan perhitungan kalender Bali yaitu pada hari Budha Kliwon Dungulan sebagai hari kemenangan kebaikan melawan kejahatan.

Persembahyangan Hari Raya Gabungan dilaksanakan tiga lokasi antara lain Pura Dalem Peed yang dipimpin oleh Pinandita Ketua Sija, Pura Ulun Jagat yang dipimpin oleh Pinandita I Wayan Mudya dan Pura Desa Puseh Giri Jati dipimpin oleh Pinandita Ida Bagus Putu Anom.

Ia mengajak, umat Hindu di daerah itu memaknai Hari Raya Galungan dengan meningkatkan ketakwaan dan sembah bakti kepasa Ida Sang Hyang Widhi (Tuhan Yang Maha Esa) agar senantiasa diberikan kesehatan dan kemudahan dalam kehidupan sehari-hari.

"Sebagai Bendesa Adat Belitung saya mengucapkan selamat Hari Raya Galungan semoga kita diberikan kesehatan dan kemudahan dalam bekerja," ujarnya.

Dirinya mengajak masyarakat adat setempat yang belum divaksin agar dapat segera mengikuti vaksinasi COVID-19 guna membantu pemerintah dalam mempercepat penanganan pandemi COVID-19.

"Bagi yang belum vaksin kami mengimbau agar segera vaksin dan sebelumnya rangkaian persembahyangan ini memang dilakukan dengan proses ketat," ujar dia.

Pewarta: Rustam Effendi

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021