Kapolres Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung AKBP Widi Haryawan mengingatkan seluruh pengguna kendaraan di daerahnya untuk tertib berlalu lintas seperti melengkapi dokumen kendaraan serta mematuhi rambu-rambu dan marka jalan guna menekan kecelakaan pengguna kendaraan di jalan raya.

Hal itu dikatakan di Sungailiat, Rabu menanggapi kegiatan operasi Zebra Menumbing secara serentak dimulai tanggal 15 sampai 28 November 2021, dipusatkan disejumlah titik di wilayah kota itu.

"Saya imbau seluruh masyarakat pengguna kendaraan baik roda dua maupun roda empat, agar benar-benar mematuhi aturan berlalu lintas guna kepentingan keselamatan bersama," katanya.

Bagi orang tua yang mempunyai anak dibawah umur kata kapolres, dilarang mempercayakan anaknya membawa kendaraan sendiri apapun alasannya karena selain melanggar undang - undang juga akan berdampak pada ancaman keselamatan baik pada anak tersebut maupun orang lain.

"Keselamatan berkendaran harus kita utamakan, saling hormat menghormati antar pengguna kendaraan di jalan raya juga perlu diperhatikan," jelasnya.

Khusus pengguna kendaraan roda dua, diwajibkan menggunakan helm standar lisensi SNI selain melengkapi dokumen kendaraan, dilarang menggunakan kenalpot racing yang dapat menganggu kenyamaan pengendaran lainnya, begitu pula halnya pengemudi roda sempat wajib melengkapi dokumen serta memperhatikan penggunaan sabuk pengaman.

"Kami akan menindak tegas jika ada pelanggaran balapan liar di wilayah hukum Polres Bangka," kata kapolres.

Operasi Zembra Menumbing 2021 tidak hanya melakukan pemeriksaan kelengkapan dokumen kendaraan namun juga menekankan pengguna kendaraan wajib menerapkan protokol kesehatan dan mengingatkan vaksinasi bagi yang belum menerima layanan vaksin.

"Meskipun sebaran kasus COVID-19 terus menurun, masyarakat tidak boleh lengah dan tetap wajib prokes serta bagi kelompok masyarakat usia wajib vaksin yang belum divaksin hendaknya segera divaksin ke gerai layanan vaksin terdekat," ujarnya.

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021