Pemerintah Kabupaten Bangka diminta dapat membangun jalan pertanian sebagai infrastruktur utama dalam mempermudah akses mobilitas petani dan menjadi daya dukung meningkatkan produktivitas hasil pertanian.

Harapan itu disampaikan Ketua DPRD Kabupaten Bangka Iskandar di Sungailiat, Senin, ketika menyampaikan rangkuman usulan masyarakat di daerah pemilihaannya saat kegiatan reses.

"Saya minta pemerintah daerah memaksimalkan pembangunan jalan pertanian atau perkebunan guna membantu mempermudah petani menjual hasil pertanian yang saat ini harga sejumlah jenis komoditas mulai meningkat," katanya.

Ia mengatakan, ketika berdialog dengan sejumlah warga di beberapa kecamatan di Kabupaten Bangka, pihaknya menerima aspirasi agar pemerintah daerah segera membangun jalan pertanian yang saat ini kondisinya dianggap belum memadai.

"Pembangunan jalan pertanian ini sejalan dengan tujuan pembangunan pertanian nasional yakni menyediakan pangan bagi seluruh rakyat, meningkatkan kesejahteraan petani dan menggenjot produktivitas," ujarnya.

Majunya sistem pertanian tak hanya ditandai dengan penggunaan alat mesin pertanian (alsintan) semata, tetapi juga meningkatnya produktivitas dan kesejahteraan para petani.

Selain meminta pemerintah membangun jalan pertanian, sejumlah tokoh agama, tokoh masyarakat, dan tokoh pemuda juga mengusulkan bantuan dana hibah rumah ibadah.

"Saya berharap Pemkab Bangka dapat memperhartikan usulan bantuan dana hibah itu karena sangat penting untuk menunjang pembangunan rumah ibadah, terutama di dua kecamatan yakni Kecamatan Mendo Barat dan Merawang," kata Iskandar.

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021