Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung meningkatkan penyediaan air minum dan sanitasi di sembilan desa guna meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat.

"Sampai saat ini sudah ada sembilan desa yang mendapatkan bantuan program pemerintah pusat tersebut, kami berharap melalui program ini kita bisa bersama-sama mewujudkan Bangka Barat yang maju, sejahtera, dan bermartabat," kata Bupati Bangka Barat Sukirman di Mentok, Selasa.

Sebanyak sembilan desa penerima bantuan penyediaan air minum dan sanitasi masyarakat atau biasa disebut pamsimas tahap tiga tersebut yaitu Desa Rambat, Simpanggong, Pangkalberas, dan Sinarsari yang menerima bantuan secara reguler, serta Desa Kundi, Bukitterak, Ibul, Tugang dan Peradong yang menerima bantuan program hibah intensif desa.

Program Pamsimas merupakan agenda nasional yang bertujuan untuk meningkatkan cakupan penduduk terhadap pelayanan air minum dan sanitasi yang layak dan berkelanjutan.

"Ini program dari pemerintah pusat yang patut mendapatkan dukungan seluruh pihak, kita berharap pola bantuan seperti ini akan terus berlanjut sehingga ke depan akan semakin banyak warga yang terlayani kebutuhan air minum serta sanitasinya," katanya.

Bantuan pemerintah pusat tersebut dinilai sejalan dengan apa yang sedang dilakukan Pemkab Bangka Barat yang sejak dahulu konsisten ingin meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang dimulai dari tingkat desa.

"Upaya yang dimulai dari desa ini tentunya akan membawa dampak positif terhadap peningkatan pembangunan dan kesejahteraan hingga kecamatan dan kabupaten. Apabila warga desa sehat bisa dipastikan kecamatan menjadi kuat dan tentunya kabupaten menjadi semakin kuat," katanya.

Dengan adanya fasilitas baru tersebut diharapkan masyarakat ikut berperan aktif menjaga, merawat, dan memanfaatkan dengan baik untuk kesejahteraan masyarakat desa.

Warga Desa Rambat yang diwakili Kepala Desa Ali Imron mengatakan Desa Rambat sebagai salah satu penerima manfaat program tersebut telah masuk nominasi lima besar nasional untuk percontohan program Pamsimas.

"Dengan adanya program ini kami harapkan Desa Rambat bisa terbebas dari kasus kekerdilan dan ke depan program tersebut bisa ditingkatkan dengan membangun prasarana air bersih," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021