Sebanyak empat dari enam kecamatan di Kabupaten Bangka Barat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung nihil atau sudah tidak ada warga yang terkonfirmasi positif COVID-19.

"Kemarin masih ada empat kecamatan yang masih ada kasus COVID-19, namun hari ini tinggal dua kecamatan yang masih ditemukan ada warga positif COVID-19, yaitu Kecamatan Mentok dan Simpangteritip," kata Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Bangka Barat, M. Putra Kusuma di Mentok, Bangka Barat, Jumat.

Sebanyak empat kecamatan yang hari ini sudah terbebas dari kasus COVID-19, yaitu Kecamatan Jebus, Parittiga, Kelapa dan Tempilang.

"Sedangkan di dua kecamatan yang masih ditemukan warga terkonfirmasi positif COVID-19, yaitu Mentok dan Simpangteritip, masing masing masih ada satu kasus, sehingga secara keseluruhan jumlah pasien isolasi saat ini tersisa dua orang tersebut," katanya.

Ia menjelaskan hari ini tidak ada penambahan kasus baru sehingga jumlah keseluruhan kasus COVID-19 yang ditemukan masih tetap 5.637 kasus, sebanyak 141 pasien meninggal dunia dan yang sudah dinyatakan sembuh sebanyak 5.494 orang.

Meskipun jumlah kasus terus menurun, namun warga diharapkan tetap patuh protokol kesehatan 5M dan menunda perjalanan keluar daerah guna mengurangi risiko penularan virus.

Selain itu, pemerintah juga masih menggencarkan serbuan vaksinasi, bahkan mulai hari ini sudah dilakukan vaksinasi untuk kelompok anak-anak usia enam hingga 12 tahun.

"Kami berharap warga ikut menyukseskan gerakan vaksinasi ini guna menumbuhkan kekebalan tubuh masing-masing sekaligus mewujudkan kekebalan kelompok," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021