Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, meningkatkan kompetensi dan kemampuan petugas pemadam kebakaran dalam melaksanakan tugas di lapangan.

Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Fittor di Koba, Sabtu mengatakan simulasi dan pemberian edukasi terhadap petugas Damkar sangat penting karena mereka berada di garis depan dalam menjalankan misi sosial.

"Ketangkasan dan kecakapan petugas harus diasah, mereka juga dituntut kerja dengan penuh kedisiplinan, ketekunan dan kesabaran," ujarnya.

Fittor mengatakan, petugas Damkar harus bisa bekerja dalam tim, penuh kebersamaan dan memiliki jiwa yang peka serta responsif.

"Justeru itu, diharapkan kegiatan simulasi ini memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat terutama dalam rangka pencegahan dan tindakan pertolongan pertama pada bencana kebakaran,” ujarnya.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Bangka Tengah, Irwan, menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan sosialisasi, edukasi dan penanggulangan bencana kebakaran yang diharapkan memberikan pelajaran penting bagi petugas Damkar.

"Mereka bekerja dengan penuh risiko, maka perlu ilmu pengetahuan yang baik untuk bisa terhindar dari bahaya," ujarnya.

Ia juga mengatakan masyarakat harus bisa melakukan antisipasi dini dan perlu diberikan edukasi juga terkait cara terhindar dari bencana.

"Sosialisasi rawan bencana kebakaran juga perlu digencarkan, sehingga masyarakat bisa lebih waspada," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021