Satuan Gugus Tugas (Satgas) COVID-19 Kabupaten Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengajak seluruh lapisan masyarakat di wilayah itu untuk tetap menjaga zona aman sebaran COVID-19 dengan disiplin menerapkan prokes.

"Saya mengajak seluruh lapisan masyarakat tanpa terkecuali, bersama-sama menjaga wilayah ini agar zona aman sehingga tidak muncul kembali kasus aktif COVID-19," kata Juru Bicara Satgas COVID-19 Kabupaten Bangka, Boy Yandra di Sungailiat, Rabu.

Zona aman wilayah Kabupaten Bangka setelah beberapa hari dipastikan tidak ditemukan sebaran kasus dan semua pasien terkonfirmasi positif COVID-19 semuanya dinyatakan sembuh.

Berdasarkan data informasi COVID-19 Kabupaten Bangka, tercatat angka kasus sebanyak 9.838 orang, 9.474 pasien sembuh serta 364 pasien meninggal dunia.

Sejak ditemukan varian jenis baru corona di delapan kecamatan di Kabupaten Bangka yang hampir berjalan dua tahun, kasus terbanyak di wilayah Kecamatan Sungailiat dengan 3.893 kasus, 3.777 sembuh dan 116 meninggal dunia serta sebaran terendah di Kecamatan Bakam hanya ditemukan 161 kasus, 153 sembuh dan delapan orang meninggal dunia.

Sementara realisasi capaian vaksinasi dosis pertama di semua kelompok masyarakat wajib vaksin terdata mencapai 68,10 persen, 173.774 orang dari total sasaran 255.161 orang dan dosis kedua sudah mencapai lebih dari 50 persen dari total sasaran yang sama.

"Angka persentase masyarakat penerima vaksin dipastikan masih bertambah karena setiap harinya dibuka puluhan tempat gerai vaksin," katanya.

Gencarnya layanan vaksin di Kabupaten Bangka hingga malam hari kata Boy Yandra, sebagai upaya maksimal untuk mencapai target sasaran 70 persen hingga akhir 2021.
 

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021