Kepolisian Resor Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyiapkan sebanyak 121 personel untuk pengamanan momentum pergantian tahun di sejumlah objek wisata dan pusat kegiatan masyarakat di wilayah hukum polres setempat.

"Pengamanan ini kami lakukan sebagai upaya pencegahan kemungkinan adanya aktivitas atau perayaan malam pergantian tahun yang bisa menimbulkan kerumunan massa," kata Kapolres Bangka Barat AKBP Agus Siswanto di Mentok., Minggu.

Menurut dia, saat ini masih terjadi pandemi COVID-19 sehingga masyarakat diimbau untuk tidak menggelar kegiatan yang bisa menimbulkan kerumunan massa yang dikhawatirkan akan menjadi tempat penularan virus tersebut.

"Setelah pelayanan pengamanan perayaan Natal yang berjalan kondusif, saat ini kita siapkan untuk pengamanan tahun baru, kami berharap masyarakat tetap patuh pada aturan yang berlaku dan tidak menggelar kegiatan yang berpotensi pengumpulan massa," katanya.

Sebagai upaya antisipasi kemungkinan tersebut, pihaknya terus melakukan sosialisasi dan edukasi kepada warga, kelompok masyarakat, organisasi dan pelaku usaha untuk tidak menggelar kegiatan perayaan pergantian tahun.

Selain itu, sebanyak 121 personel juga sudah disiapkan untuk melakukan pemantauan dan pengawasan sejumlah lokasi yang biasa dijadikan tempat berkumpul.

"Pelabuhan juga menjadi salah satu titik fokus kami selama Operasi Lilin Menumbing 2021, kami berharap kerja sama seluruh pihak agar operasi tahunan ini bisa berjalan sukses dan bisa memberikan rasa aman, nyaman serta meminimalkan penularan COVID-19," katanya.

Momentum pergantian tahun atau tahun baru biasa dirayakan masyarakat secara universal dengan menggelar berbagai kegiatan di tempat-tempat wisata, namun karena saat ini masih dalam masa pandemi COVID-19, di Kabupaten Bangka barat diminta warga tidak melaksanakan aktivitas yang bisa menimbulkan kerumunan.

Bagi yang akan melaksanakan ibadat tahun baru masih bisa digelar dengan mematuhi ketentuan yang berlaku yaitu 50 persen dari kapasitas.

"Polres Bangka Barat akan selalu hadir untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat yang melaksanakan ibadat menyambut tahun baru agar berjalan kondusif," katanya.

 

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021