Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mendorong percepatan pembangunan Gedung Radioterapi Rumah Sakit Umum Daerah Ir. Soekarno sebagai upaya peningkatan pelayanan kesehatan kepada masyarakat setempat.

"Kami sudah melakukan peninjauan perkembangan pembangunan gedung tersebut, kami berharap tahun depan sudah bisa direalisasikan," kata Wakil Ketua DPRD Provinsi Babel Amri Cahyadi di Pangkalpinang, Rabu.

Selain melakukan peninjauan lokasi, sejumlah Anggota DPRD Babel didampingi Kepala Dinas Kesehatan Babel juga meninjau berbagai peralatan pendukung pelayanan kesehatan di rumah sakit tersebut.

Amri berharap realisasi pembangunan gedung radioterapi tersebut dapat melayani warga Babel, khususnya yang sakit kanker, sehingga tidak perlu dirujuk ke rumah sakit luar daerah.

"Sampai saat ini untuk pasien kanker dirujuk ke Palembang dan Jakarta, namun dengan ketersediaan gedung radioterapi di rumah sakit provinsi diharapkan nantinya bisa dilayani di sini," katanya.

Untuk mendorong percepatan pembangunan fasilitas tersebut, DPRD Babel akan melakukan pemantauan berkala agar pembangunan berjalan lancar.

Direktur RSUD Ir.Soekarno, Bahrun menjelaskan pembangunan gedung tersebut saat ini masih dalam tahap lelang dan diperkirakan pada Januari 2022 sudah bisa mulai dibangun.

"Target pengerjaan beserta pengesetan alat pendukung selesai sekitar Juli 2022," ujarnya.

Bahrun mengatakan adanya pelayanan untuk pasien penyakit kanker diharapkan bisa mencakup seluruh pasien lokal dan tidak menutup kemungkinan akan menjadi rujukan pasien dari luar daerah.

Terkait tenaga kesehatan, Bahrun mengatakan saat ini sudah ada kerja sama dengan tenaga ahli radioterapi dari Jakarta dan daerah lain.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021