Pemerintah Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, akan mempercantik bangunan toko pedagang kaki lima di kawasan Pantai Pasir Padi guna meningkatkan dari tarik wisata di kawasan itu.

Wali Kota Pangkalpinang, Maulan Aklil (Molen), Senin, mengatakan bangunan di lokasi tersebut akan di percantik dengan bantuan dana dari pusat.

"Kita sudah dibantu dana oleh pemerintah pusat untuk membaguskan tempat itu. Jadi sekarang kita akan alokasi dan akan diperbaiki agar lebih menarik," katanya.

Untuk itu Dirinya meminta kepada para pedagang agar menghormati rencana tersebut dan tetap bisa berjualan di kawasan itu setelah selesai diperbaiki.

"Tempat itu kami perbaiki dan dirapikan lagi, bukan digusur. Setelah bangunan itu selesai diperbaiki para pedaganag boleh berjualan lagi di situ," ujarnya.

Dikatakannya, untuk prosesnya tempat itu akan dirata habis, setelah itu akan dibangun dengan bangunan yang baru.

"Nanti bangunan itu dirata habis, nanti tinggal dibangun yang baru, yang layak dan enak dilihat. Pedagang lama akan diprioritaskan berdagang di situ," katanya.

Ketua Persatuan Pedagang Kecil Millenial (PPKM), Raden Nico mewakili pedagang di Pantai Pasir Padi menyampaikan keluh kesah terkait nasib pedagang Pasir Padi yang bangunannya akan di lakukan renovasi oleh Pemerintah Kota Pangkalpinang.

"Saya sebagai ketua Persatuan Pedagang Kaki Lima ini mengarahkan kepada pedagang di Pasir Padi ini untuk bertemu dengan pak Wali supaya mereka ini tenang mendapatkan solusi dari pak wali langsung, mereka bisa tenang di Pasir Padi dan pedagang pun sesuai yang mereka laporkan berharap adanya solusi dari pak wali kota terkait keberlangsungan pedagang di pasir padi," ujarnya.

Ia mengatakan, sesuai laporan yang masuk kepadanya, maka mengarahkan para pedagang menemui wali kota dan wali kota memberikan solusi yang dirasa sudah disepakati oleh semua pedagang.

"Semua pedagang menyetujui solusi yang diberikan oleh pak wali kota bahwa ke depannya pedagang ini bukanlah digusur tapi direlokasi dan lokasi itu dipercantik. Artinya keberlangsungan pedagang ini tetap diberdayakan oleh Pemerintah Kota Pangkalpinang sesuai harapan tadi," katanya.

Dirinya juga menyampaikan beberapa permintaan dari pedagang Pasir Padi, yaitu sebelum bangunan dirobohkan untuk diperbaiki, pedagang berharap bangunan yang akan dibangun nantinya sesuai dengan ukuran yang diharapkan.

"Yang pasti pedagang sangat mendukung program pemerintah dalam penataan dan mempercantik pembangunan kota," ujarnya.

Pewarta: Try Mustika Hardi

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2022