Sungailiat (Antara Babel) - Bupati Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Tarmizi Saat mengingatkan seluruh masyarakat di daerahnya agar senantiasa menjaga lingkungan untuk mencegah musibah kebakaran.

"Saya ingatkan seluruh masyarakat agar tetap menjaga lingkungan masing-masing agar tidak terjadi kebakaran di musim kemarau seperti sekarang ini," katanya di Sungailiat, Senin.

Ia mengatakan, di musim kemarau yang cukup lama seperti sekarang ini dapat mengakibatkan sejumlah tempat mengalami kekeringan termasuk perkebunan dan hutan sehingga mudah terjadi kebakaran.

"Jangan membakar hutan sembarangan, jangan membuang putung rokok di tempat sembarangan karena dapat mengakibatkan kebakaran termasuk membakar sampah pada tempat yang disediakan," katanya.

Ia mengatakan, lingkungan di sekitar masyarakat harus tetap dijaga selamanya dari seluruh kerusakan baik yang diakibatkan alam maupun akibat ulah manusia.

Bupati meminta pihak PDAM sesering mungkin melakukan pengecekan di lapangan dan segera memasok air bagi kebutuhan masyarakat.

"Selain untuk kebutuhan masyarakat, air juga berguna untuk memadamkan api jika ada kebakaran," katanya.

Masyarakat juga diminta agar tidak membakar sampah sembarangan terutama di lingkungangan padat penduduk karena rawan sekali kebakaran.

Pewarta: Kasmono

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2015