Satuan Gugus Tugas (Satgas) COVID-19 Kabupaten Bangka, Kepulauan Bangka Belitung, mencatat realisasi vaksin anak usia enam sampai 11 tahun di daerah itu mencapai 87,43 persen atau 28.421 anak dari 32.506 sasaran.

"Sesuai data, realisasi vaksinasi anak dosis pertama sudah mencapai 87,43 persen tersebar di seluruh wilayah kecamatan atau di 62 desa," kata Juru Bicara Satgas COVID-19 Kabupaten Bangka, Boy Yandra di Sungailiat, Selasa.

Sedangkan capaian layanan vaksin dosis kedua pada kelompok anak usia yang sama kata dia, terdata baru mencapai 8,49 persen atau 2.759 anak.

Sementara data kumulatif capaian vaksin dosis pertama di semua kelompok sebanyak 198.329 orang atau 77,73 persen dari sasaran 255.161 orang dan dosis kedua 158.174 atau 61,99 persen.

"Meskipun layanan vaksin dosis pertama sudah melampaui rata - rata target nasional yang ditetapkan hanya 70 persen, tetapi layanan vaksinasi masyarakat terus dibuka setiap harinya," katanya.

Boy Yandra mengatakan, gerai vaksin dibuka setiap hari sampai ke pelosok desa termasuk gerai vaksin hari libur yang dipusatkan di objek wisata untuk memberi layanan vaksin bagi wisatawan.

"Saya minta masyarakat yang belum mendapat suntik vaksin terutama dosis pertama segera mendaftar di gerai vaksin terdekat," katanya.

Dia mengingatkan seluruh lapisan masyarakat tetap disiplin menerapkan prokes karena muncul kembali sebaran kasus COVID-19 di masyarakat, terdata sembilan orang aktif berasal dari Kecamatan Sungailiat, Pemali dan Kecamatan Belinyu.

"Bagi warga yang merayakan Tahun Baru Imlek, hendaknya pula tetap menerapkan protokol kesehatan, wajib pakai masker, menjauhi kerumunan, sesering mungkin mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir," ujarnya

Pewarta: Kasmono

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2022