Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Republik Indonesia bersama Pemerintah Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menyinkronkan program kerja guna menyambut pelaksanaan pertemuan tingkat Menteri Pembangunan G20 di daerah itu pada 7-9 September 2022.

"Sinkronisasi dan harmonisasi program kerja ini akan dilakukan sehingga apa saja yang telah dikerjakan oleh daerah bisa tersambung dengan program pemerintah pusat," kata Wakil Ketua Komite IV DPD RI Darmansyah Husein di Tanjung Pandan, Senin.

Hal ini disampaikan usai menghadiri Rapat Harmonisasi Program Kerja Pemkab Belitung dengan DPD RI dalam rangka persiapan menuju Belitung G20 yang diikuti Wakil Bupati Belitung, Isyak Meirobie beserta jajaran.



Melalui rapat tersebut diharapkan terbangun harmoni dan sinkronisasi antara program kerja Pemkab Belitung dan DPD RI sebagai persiapan menuju Belitung G20.

Dia menyebutkan sejumlah panitia pelaksana G20 di tingkat pusat, seperti Kementerian Bappenas dan Kementerian Keuangan merupakan mitra kerja Komite IV DPD RI.

"Dengan demikian nanti kami bisa lebih mudah untuk melakukan koordinasi dan menghubungkan kepentingan antara daerah dan pusat guna menyukseskan pelaksanaan pertemuan Menteri Pembangunan G20," ujarnya.



Ia berharap momentum pertemuan tingkat Menteri Pembangunan G20 dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat di daerah itu.

"Misalnya, pelaku UMKM Belitung dapat mengembangkan dan menawarkan produk-produk unggulan yang ramah lingkungan di ajang ini," katanya.

Ia optimistis Kabupaten Belitung dapat menyukseskan "side event" G20 berupa pertemuan tingkat Menteri Pembangunan G20 di daerah itu pada 7-9 September 2022.



"Kami sudah mempersiapkan segala keperluan yang dibutuhkan untuk mendukung kelancaran penyelenggaraan G20," ujarnya.

Wakil Bupati Belitung Isyak Meirobie mengatakan persiapan Belitung dalam pertemuan tingkat Menteri Pembangunan G20 terus dilakukan di segala sektor yang dibutuhkan.

"Persiapan G20 semuanya masih "on the track" setelah ada surat pengantar dari Menteri Bappenas pada akhir bulan lalu kami semakin yakin langkah-langkah yang kami ambil sesuai dengan mekanisme yang disusun bersama," katanya.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2022