Sebanyak 121 Pelajar di Kabupaten Bangka Selatan,Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengikuti Simulasi seleksi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka(Paskibraka) Nasional  Tingkat Kabupaten pada Rabu(16/03) di Gedung Olahraga daerah setempat. 

"Kegiatan ini bertujuan sebagai persiapan awal dan tolak ukur dalam menghadapi seleksi Paskibraka Tahun 2022 tingkat Kabupaten yang akan dilaksanakan nanti,"kata Ketua Pengurus Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Kabupaten Bangka Selatan Satria Maulidi di Toboali,Jumat(18/03).

Disampaikannya pelajar yang mengikuti seleksi ini berasal dari 16 SMA/SMK dan MA yang berada di wilayah Bangka Selatan yang telah diseleksi awal oleh pihak sekolah masing-masing.

"Jadi masing-masing sekolah melakukan seleksi awal kepada siswa kemudian mengirimkan siswa yang lolos seleksi itu ke kegiatan Simulasi ini ,"kata dia.

Menurut Satria beberapa hal yang menjadi bahan ujian seleksi ini diantaranya tentang baris berbaris, Tes Pembinaan Idieologi Pancasila ( PIP), tes Kesamaptaan serta tes kesehatan.

"Kegiatan ini sebenarnya adalah latihan gabungan dan Sosialisasi yang kemudian dapat dijadikan sebagai Simulasi seleksi untuk Paskibraka Nasional Tingkat Kabupaten,jadi sekaligus,"kata dia.

Dirinya menjelaskan setiap simulasi tes yang dilakukan terhadap pelajar yang ikut serta dalam kegiatan ini dilakukan oleh bidang profesional masing-masing. 

"Untuk tes kesehatan kita mengunakan pihak kesehatan dari Pukesmas Toboali, tes PIP penguji dari Duta Pancasila PPI Basel sedangkan tes PBB penguji dari Koramil Toboali dan Polres Bangka Selatan sedangkan tes kesamaptaan dari guru olahraga,"kata Satria.

Dirinya berharap latgab dan simulasi seleksi ini menghasilkan  pelajar yang bisa lolos ke Paskibraka Nasional sehingga bisa membawa nama baik daerah.

"Semoga simulasi seleksi ini dapat menjadi persiapan awal dan tolak ukur bagi siswa sehingga bisa menuju ke tingkat Nasional,"harapnya.

Pewarta: Juniardi

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2022