Pangkalpinang (Antara Babel) - Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyediakan makanan khas daerah pada ajang pariwisata tingkat internasional bertajuk "Home Stay Fair (HSF) 2015" yang akan berlangsung di Muntok, Kabupaten Bangka Barat, 10-12 September mendatang.

"Para peserta dari perwakilan seluruh negara di ASEAN akan menikmati makanan khas Bangka Belitung yang diharapkan ikut menambah semarak dan kesan kegiatan itu," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kepulauan Babel, HA Tajuddin di Pangkalpinang, Rabu.

Ia menjelaskan, kuliner khas daerah yang bakal disediakan mulai dari makanan ringan, makanan berat hingga makanan penutup yang memiliki cita rasa khas daerah itu.

"Makanan khas tersebut di antaranya lempah kuning, lempah darat, sambal terasi dan menu lainnya, sedangkan untuk makanan ringannya berupa kretek, kerupuk, kemplang, kue kelamai ubi dan lainnya," ujarnya.

Ia menyebutkan, selain perwakilan dari negara-negara di ASEAN, para tamu dan peserta kegiatan HSF 2015 juga berasal dari provinsi-provinsi di Tanah Air.

"Karenanya ini menjadi momen bagus untuk memperkenalkan makanan khas daerah ke tingkat nasional dan internasional," ujarnya.    
Ia berharap para peserta dapat menikmati kuliner khas Babel yang memiliki cita rasa tinggi itu sekaligus memberi kesan baik agar peserta tertarik untuk datang kembali ke daerah itu.

Pewarta: Septi Artiani

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2015