Kepolisian Resor Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung meningkatkan pengawasan sejumlah lokasi yang dinilai rawan terjadi gangguan keamanan menjelang bulan suci Ramadhan 1443 Hijriah.

"Kami berharap kehadiran personel di tengah warga bisa memberikan rasa aman dan nyaman sehingga mereka bisa beraktivitas dengan tenang," kata Kepala Satuan Sabhara Polres Bangka Barat AKP Suhairi di Mentok, Sabtu.

Menurut dia, menjelang Ramadhan biasanya aktivitas masyarakat meningkat untuk menyambut bulan suci keagamaan tersebut sehingga perlu dilakukan peningkatan pengawasan dan pengamanan.

"Sejumlah lokasi yang menjadi tempat kumpul warga dan fasilitas umum menjadi prioritas. Patroli kami laksanakan secara berkala siang dan malam hari," ujarnya.

Dengan kehadiran personel Polres Bangka Barat di tengah aktivitas warga diharapkan bisa mencegah bertemunya faktor niat dan kesempatan yang memungkinkan timbulnya tindak kriminal.

Dalam kesempatan tersebut, personel juga bisa berinteraksi langsung dengan masyarakat setempat, khususnya dengan petugas keamanan yang berjaga di tempat tersebut sehingga bisa mengetahui perkembangan terkini situasi kamtibmas.

"Ini merupakan salah satu bentuk kegiatan yang diharapkan bisa melindungi masyarakat dari berbagai kemungkinan terjadinya tindak kejahatan, pada kesempatan itu juga kami manfaatkan untuk menyampaikan imbauan kepada warga agar selalu patuh dan disiplin menjalankan protokol kesehatan pencegahan COVID-19," katanya.

Sejumlah lokasi yang menjadi fokus pengawasan pengamanan, antara lain, pasar, terminal, pelabuhan, tempat kumpul warga, taman kota, destinasi wisata dan pertokoan.

Sementara itu, Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Bangka Barat Iptu RTA Sianturi mengatakan para personel Satlantas juga mulai meningkatkan pemantauan lalu lintas untuk menekan jumlah pelanggaran di jalan raya.

"Pengawasan ini merupakan upaya kami meningkatkan kepatuhan para pengendara kendaraan bermotor agar selalu patuh aturan dan etika berlalu lintas sehingga perjalanan menjadi lancar dan aman," katanya.

Pengawasan dan pengamanan lalu lintas akan terus dilakukan bersama personel Polsek jajaran guna memberikan rasa aman dan nyaman bagi para pengguna jalan raya di wilayah hukum Polres Bangka Barat.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2022