PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) mengoperasikan dua kapal roro guna melayani pemudik Lebaran 2022 dengan rute Pelabuhan Tanjung Ru, Kabupaten Belitung, menuju Pelabuhan Sadai, Kabupaten Bangka Selatan.

"Kami menyiapkan dua kapal roro guna melayani arus mudik pada Lebaran tahun ini," kata Supervisor ASDP Cabang Bangka Lintasan Penyeberangan Sadai-Tanjung Ru Janner Sinaga di Tanjung Pandan, Babel, Rabu.

Menurut dia, kedua kapal tersebut adalah KM Menumbing Raya (650 GT) dan KMP Gorare (236 GT).

Dia menyebutkan, jadwal keberangkatan Gorare sebanyak dua kali dalam seminggu (Rabu dan Minggu), sedangkan Menumbing tiga kali dalam seminggu (Selasa, Kamis, dan Sabtu).

Dikatakan dia, Menumbing memiliki kapasitas sebanyak 200 penumpang dan 20 kendaraan campuran, sedangkan Gorare 30 penumpang dan 12 kendaraan campuran.

"Dengan beroperasinya dua kapal ini, kami siap memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat menghadapi arus mudik Lebaran tahun ini," ujarnya.

Dikatakan dia, jumlah pergerakan penumpang di Pelabuhan Tanjung Ru untuk saat ini masih dalam kategori normal dan belum ada terlihat adanya peningkatan jumlah pergerakan penumpang.

Pihaknya memperkirakan arus penumpang dan kendaraan di pelabuhan tersebut akan meningkat mulai H-7 sampai H-3 lebaran.

"Kami perkirakan ada peningkatan dari 20 penumpang rata-rata dalam sehari menjadi 75 orang," katanya.

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2022