Pangkalpinang (Antara Babel) - Jurusan Budi Daya Perairan (BDP) Universitas Bangka Belitung (UBB) meraih Akreditasi B dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

"Dengan Akreditasi B ini berarti Jurusan BDP di bawah naungan Fakultas Pertanian, Perikanan dan Biologi (FP2B) sekarang sudah sejajar dengan jurusan BDP di universitas lainnya seperti Universitas Syiahkuala Aceh, Unila (Lampung), Universitas Samratulangi (Manado) dan Universitas Mataram," ujar Dekan FP2B UBB, Kartika, di Pangkalpinang, Selasa.

Pihaknya berharap tiga dari lima jurusan di FP2B pun pada 2016 bisa mengikuti jejak jurusan BDP. Sebelum BDP, jurusan Biologi telah lebih dulu mendapat Akreditasi B.

"Selaku dekan saya mengucapkan selamat kepada teman-teman dosen di BDP. Mereka telah bekerja keras hingga menorehkan nilai Akreditasi B. Kini jurusan Agribisnis dan Manajemen Sumberdaya Perairan sedang mempersiapkan segala sesuatunya, sehingga tahun depan bisa mengikuti jejak jurusan Biologi dan BDP," ujarnya.

Menurut dia, mendapat Akreditasi B tidak cuma sebatas menjadi kebanggaan fakultas dan universitas saja, melainkan juga keistimewaan pun akan dirasakan oleh jebolan atau alumni jurusan itu bila ikut tes saat mencari pekerjaan.

"Sebab salah satu syarat mendaftarkan diri ikut tes calon PNS. misalnya, adalah berasal dari jurusan berakreditasi B. Tahun 2016 jurusan BDP telah memiliki alumni pertama. Mereka punya modal besar untuk ikut tes calon PNS. Tahun depan akreditasi B ini bisa menjadi magnet BDP untuk menarik mahasiswa baru lebih banyak lagi," ujarnya.

Ia mengatakan, Akreditasi B untuk BDP ini tergolong fenomenal dan mengejutkan, sebab di antara 13 jurusan di UBB, usia BDP tergolong muda yakni baru tiga tahun.

"Jumlah mahasiswa BDP saat ini baru 153 orang, 59 di antaranya mahasiswa baru 2015. BDP memang usia muda dan belum punya alumni. Tapi kami bekerja keras untuk memenuhi tujuh penilaian standar BAN-PT," katanya.

Pewarta: Try Mustika Hardi

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2015