Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, tahun ini mulai membangun jaringan air bersih sepanjang 15 kilometer dari Desa Penyak hingga Desa Kurau.

"Tahun ini mulai kita buka jaringan air bersih dari Penyak Hingga Kurau dan ini memang sudah kita rencanakan sebelumnya karena kondisi air tanah di dua desa itu kurang bagus," kata Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman di Koba, Kamis.

Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah akan memasang pipa jaringan induk hingga ke Desa Kurau untuk menjawab keluhan warga, terutama mereka yang sedang mengembangkan usaha industri getas (kerupuk kemplang, kricu dan sejenisnya berbahan baku ikan).

"Desa Kurau, terutama Kurau Barat ini memang kita jadikan sentra produksi makanan ringan yang berbahan baku ikan dan mereka butuh sarana air bersih agar produk mereka lebih aman secara kesehatan," katanya.

Kurau Barat merupakan kawasan pesisir yang rata-rata penduduknya bekerja sebagai nelayan, sementara kalangan ibu rumah tangga mengembangkan produk kreatif berbahan baku ikan.

"Kalau mencari oleh-oleh atau makanan khas daerah, untuk di Bangka Tengah memang di Kurau Barat sentranya," kata bupati.

Desa Kurau Barat juga menjadi satu-satunya gerbang masuk wisatawan untuk menuju destinasi wisata Pulau Ketawai.

"Jadi dari segi geografis dan potensi daerah, memang desa ini cocok menjadi sentra makanan ringan khas daerah untuk menunjang dunia kepariwisataan," katanya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2022