Pemerintah Kabupaten Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melalui dinas berwenang memastikan stok daging sapi yang tersedia di pasar tradisional mampu mencukupi kebutuhan masyarakat pada hari lebaran Ramadhan 1443.

Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Bangka, Krisna Ningsih dalam keterangan, Senin mengatakan, daging sapi dipastikan mencukupi untuk kebutuhan masyarakat karena stok tercatat mencapai 386,64 ton.

"Stok daging sapi mencapai 386,64 ton tersebut dipastikan mencukupi karena kebutuhan masyarakat rata-rata sekitar 17,85 ton daging," jelasnya.

Sedangkan ketersediaan stok daging ayam kata dia, juga mencukupi untuk kebutuhan masyarakat yang membutuhkan kebutuhan sebanyak kurang lebih 153,33 ton sementara stok terdapat cukup banyak mencapai 3.581,73 ton.

"Untuk harga eceran tertinggi daging sapi di pasar tradisional Kota Sungailiat sebesar Rp160.000 per kilogram, harga tersebut sewaktu - waktu dapat berubah sesuai dengan tingkat kebutuhan masyarakat," ujarnya.

Sementara untuk mengantisipasi lonjakan harga daging ditingkat pedagang eceran kata dia, disiasati dengan meningkatkan pasokan daging beku baik sapi maupun daging kerbau baku oleh pihak Bulog.

"Daging beku mendapat pasokan sebanyak 500 kilogram daging sapi, 500 kilogram daging kerbau dan 500 kilogram jeroan hati. Daging beku ini dipasok oleh Bulog dari Kabupaten Bekasi," kata dia.


 

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2022