PT ASDP Pelabuhan Tanjungkalian Mentok, Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menambah jumlah keberangkatan kapal untuk mempercepat arus para pelaku perjalanan yang ingin menyeberang ke Pulau Sumatera.

"Dalam beberapa hari ini antrean penumpang baik orang maupun kendaraan yang akan menyeberang dari Pulau Bangka menuju Sumatera sudah cukup padat, meskipun belum sampai pada puncak arus mudik Idul Fitri 1443 Hijriah," kata General Manager ASDP Pelabuhan Tanjungkalian Christoper Samosir di Mentok, Babel, Selasa.

Ia mengatakan, pada hari biasa jumlah kapal yang berangkat dari Pelabuhan Tanjungkalian menuju Pelabuhan Tanjungapiapi, Sumatera Selatan rata-rata enam hingga delapan trip per hari.

"Namun, saat ini sudah kami berlakukan pemberangkatan 13 hingga 14 trip per hari untuk memberikan pelayanan terbaik kepada para pemudik pejalan kaki, pemudik dengan kendaraan roda dua dan mobil maupun kendaraan angkutan logistik," ujarnya.

Menurut dia, pemberangkatan kapal feri tersebut juga tidak sesuai dengan jadwal hari biasa, namun menyesuaikan kebutuhan dan lama waktu menurunkan dan menaikkan penumpang.

Selain menambah jumlah pemberangkatan kapal, pihaknya bekerja sama dengan Kantor Kesyahbandaran melakukan pemeriksaan kapal dan anak buah kapal untuk meningkatkan keselamatan perjalanan penyeberangan.

"Meskipun jumlah penumpang yang akan dilayani semakin meningkat, namun faktor keselamatan masih tetap menjadi hal utama. Semoga pelayanan mudik dan balik berjalan sesuai rencana sehingga masyarakat bisa merayakan Idul Fitri 1443 Hijriah di kampung halaman dengan aman, nyaman dan bisa kembali lagi ke daerah ini dengan selamat," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2022