Satuan Gugus Tugas (Satgas) COVID-19 Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyatakan enam di antara delapan kecamatan di daerah itu zona aman dari sebaran kasus virus corona.

"Enam dari delapan wilayah kecamatan di Kabupaten Bangka dinyatakan zona aman setelah warga yang positif COVID-19 di kecamatan itu sembuh semua," kata Juru Bicara Satgas COVID-19 Kabupaten Bangka Boy Yandra di Sungailiat, Selasa.


Dia mengatakan enam kecamatan tersebut, yakni Kecamatan Bakam, Riau Silip, Puding Besar, Pemali, Merawang, dan Mendo Barat, sedangkan dua kecamatan, yakni Kecamatan Belinyu masih terdapat satu kasus COVID-19 dan di Kecamatan Sungailiat terdapat tiga kasus aktif.

"Saya optimis, semua wilayah kecamatan di Kabupaten Bangka segera aman dari sebaran COVID-19 sehingga wilayah Kabupaten Bangka yang terdiri dari delapan wilayah kecamatan dan 62 desa dinyatakan nihil kasus virus corona," kata Boy Yandra.

Dia menjelaskan grafik sebaran varian virus corona di daerah itu terus melandai ditandai dengan temuan kasus harian yang rendah serta warga yang menerima vaksin meningkat.

Selama dua tahun pandemi COVID-19, Di Kabupaten Bangka terdata total kasus mencapai 12.052 orang, 11.649 orang sembuh serta 399 warga meninggal dunia.

"Meskipun angka sebaran kasus menurun, masyarakat jangan sampai lengah harus tetap disiplin menerapkan prokes dan segera mendaftar di gerai vaksin bagi warga usia wajib vaksin yang belum memperoleh layanan vaksinasi," kata dia.

Pewarta: Kasmono

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2022