Satuan Gugus Tugas (Satgas) COVID-19 Kabupaten Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengingatkan warga di daerah itu agar di setiap rumah harus menyediakan sarana mencuci tangan dan sabun pada hari lebaran Idul Fitri.

"Saya ingatkan agar setiap rumah harus menyediakan sarana cuci tangan dan sabun yang di peruntukan bagi tamu yang berkunjung saat lebaran," kata Juru Bicara Satgas COVID-19 Kabupaten Bangka Boy Yandra di Sungailiat, Minggu.

Semua tamu kata Boy Yandra, selain diharuskan mencuci tangan dengan sabun yang sudah disediakan juga harus pula memakai masker. Sikap disiplin penerapan prokes sebagai langkah antisipasi awal penyebaran virus corona meskipun angka kasusnya menurun.

Selain rumah warga yang harus tersedia sarana cuci tangan, panitia pelaksana shalat Ied di semua masjid juga harus mewajibkan jamaah masjid memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan mengukur suhu tubuh sebelum masuk masjid.

Bagi warga yang diketahui mengalami gangguan kesehatan seperti demam dan gangguan kesehatan lain, Boy Yandra menyarankan agar tidak pergi ke masjid atau bertamu di rumah tetangga.

"Masyarakat tidak boleh lengah meskipun sebaran COVID-19 di Kabupaten Bangka terus melandai. Terdata sampai hari ini tersisa tiga orang dinyatakan positif COVID-19 yang menjalani perawatan kesehatan," jelasnya.

Tercatat dari delapan kecamatan di Kabupaten Bangka, enam wilayah kecamatan dinyatakan nihil kasus varian corona serta dua wilayah kecamatan diketahui masih terdapat kasus COVID-19 yakni di Kecamatan Sungailiat terdapat dua kasus dan Belinyu satu kasus.
 

Pewarta: Kasmono

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2022