Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Syaiful Zohri mengajak umat Muslim di daerah itu menggemakan takbir pada Idul Fitri 1443 Hijriah

"Meskipun takbir keliling ditiadakan karena untuk menjaga ketertiban dan kenyamanan akibat pandemi COVID-19, tetapi gema takbir masih dapat dilakukan umat Muslim di masjid-masjid atau mushala," katanya di Sungailiat, Minggu.

Ia mengatakan gema takbir Idul Fitri 1443 H yang dimulai setelah ditetapkan 1 Syawal dilanjutkan salat Idul Fitri 1443 H menjadi momentum penting selama pandemi COVID-19 karena pelaksanaan salat Idul Fitri sudah diperbolehkan rapat saf salat.

"Hanya saja saya sarankan meskipun jamaah salat sudah diperbolehkan rapat tetapi harus tetap memakai masker serta mencuci tangan dengan sabun sebelum masuk masjid," katanya.

Ibadah puasa selama satu bulan penuh, kata Syaiful Zohri, hendaknya dapat menjadi pembelajaran umat Muslim untuk meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT.

"Melalui ibadah puasa selama satu bulan yang sudah dijalani dapat membekas pada diri umat Muslim agar lebih baik lagi dalam beribadah maupun aktivitas sehari-hari setelah bulan Ramadhan," jelasnya.

Menjaga silaturahim dan saling memaafkan, tolong menolong, dan menghindari perpecahan merupakan cerminan umat Muslim dalam bermasyarakat.

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2022