Ribuan wisatawan dari berbagai daerah memadati dua objek wisata andalan di Mentok yang dikelola Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

"Sejak pelayanan objek wisata dibuka kembali setelah sehari tutup karena lebaran hingga saat ini jumlah wisatawan yang berkunjung masih sangat ramai, pada dua hari yaitu Selasa (3/5) dan Rabu (4/5) tercatat lebih dari dua ribu orang yang berlibur ke dua objek wisata andalan, yaitu Pantai Baturakit dan objek wisata sejarah Pesanggrahan Menumbing," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bangka Barat, M. Ali di Mentok, Jumat.

Menurut dia, jumlah pengunjung yang sangat banyak sudah diperkirakan sebelumnya seiring dengan kebijakan pemerintah dalam melonggarkan pelaku perjalanan selama masa libur lebaran tahun ini.

Saat ini objek wisata Pesanggrahan Menumbing juga dilengkapi dengan ruang tata pamer yang dikemas menarik dengan disertai informasi berbasis teknologi sehingga pengunjung lebih mudah menerima informasi terkait peran penting bangunan bersejarah itu dalam mendukung Kemerdekaan Republik.

Pesanggrahan Menumbing merupakan salah satu bangunan yang digunakan oleh Belanda untuk mengasingkan sejumlah tokoh pejuang Kemerdekaan Republik di Mentok, pada medio 1948-1949.

"Tingginya animo wisatawan datang ke dua objek wisata andalan pada saat libur lebaran tersebut berdampak positif terhadap pendapatan daerah," ujarnya.

Ali mengatakan dalam empat bulan pertama 2022, jumlah pendapatan daerah dari retribusi objek wisata sudah mencapai 45 persen dari target yang ditetapkan sebesar Rp330 juta pada tahun ini.

"Ini pencapaian luar biasa, kami berharap berbagai upaya peningkatan fasilitas objek wisata di bangka barat ini mampu terus meningkatkan pendapatan asli daerah dan bermanfaat dalam menggerakkan perekonomian masyarakat," katanya.

Pada masa libur Idul Fitri 1443 Hijriah, Pesanggrahan Menumbing dan Pantai Baturakit hanya ditutup satu hari, yaitu pada Senin (2/5). Setelah libur lebaran tersebut dua objek wisata yang dikelola Pemkab Bangka Barat itu kembali dibuka, mulai pukul 09.00 hingga 16.00 WIB.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2022