Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan melakukan Donor Darah Sukarela (DDS) secara rutin untuk membantu Rumah Sakit Umum Daerah setempat terkait dengan kebutuhan darah masyarakat. 

"Kegiatan DDS ini akan kita lakukan secara rutin ke setiap kecamatan dan moment tertentu  agar masyarakat yang membutuhkan darah dapat diatasi,"kata Kepala Bidang  Pelayanan Darah   PMI Bangka Selatan Dr.Rudi Hartono ketika dikonfirmasi wartawan di Toboali Kamis (19/5).

Disampaikannya untuk stok darah PMI Bangka Selatan saat ini (19/5) ada beberapa jenis darah yang digunakan untuk masyarakat yang membutuhkan.

"Untuk golongan darah A sebanyak lima kantong,golongan B ada tujuh kantong lalu darah O ada lima kantong sedangkan golongan darah AB minus tujuh kantong,"kata dia.

Menurut Rudi berdasarkan data kemarin (18/5) kebutuhan darah di RSUD Bangka Selatan ada tiga pasien yang membutuhkan namun ada yang belum bisa terpenuhi seperti golongan darah AB tadi.

"Untuk kebutuhan pasien Golongan darah AB ada yang belum terpenuhi sebanyak dua orang,"kata dia. 

Dirinya berharap bila masyarakat yang bersedia mendonorkan darahnya silakan datang ke Unit Transpusi Darah Rumah Sakit untuk membantu kekurangan darah bagi pasien yang sedang membutuhkan.

"Semoga kebutuhan darah masyarakat dalam waktu dekat ini dapat terpenuhi agar pasien bisa segera sembuh,"harapnya.

Pewarta: Juniardi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2022