Puncak pelaksanaan program Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia Bangka Belitung 2022 dengan tanda pagar Cahaya Bangka Belitung dan mengangkat tema Laskar UMKM Bangka Belitung Mendunia resmi diluncurkan.

"Pemilihan tanggal 20 Mei 2022 sebagai puncak Gernas BBI di Babel yang bertepatan dengan Hari Kebangkitan Nasional diharapkan dapat menjadi momentum bagi kebangkitan UMKM Indonesia, khususnya usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Babel," kata Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi saat menghadiri peluncuran Gernas BBI Babel yang disiarkan di Belitung, Jumat.

Mendag menyampaikan, target Gernas BBI Babel 2022 adalah menghasilkan 5.000 UMKM babel on boarding di platform digital.

"Untuk itu Kemendag telah melaksanakan berbagai rangkaian kegiatan sejak Februari 2022 melalui kolaborasi dengan Bank Indonesia, BCA, PT Timah, Bukalapak, Blibli, dan pemerintah daerah," ujar Mendag.

Lutfi menyampaikan, pada periode Februari-April 2022, sebanyak 3.210 UMKM Babel telah difasilitasi untuk masuk platform digital dan Kemendag akan terus melakukan pendampingan agar target 5.000 UMKM go digital dapat terwujud.

Sesuai dengan tema Laskar UMKM Babel Mendunia, Mendag mengatakan, Kemendag juga akan terus mempromosikan produk UMKM Babel di pasar global.

Mendag menambahkan, pada kuartal I-2022, total ekspor Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mencapai 680,92 juta dolar AS atau tumbuh 66,27 persen dari tahun dari sebelumnya dan menempati urutan ke'20 dari 34 provinsi di Indonesia.

"Melalui penyelenggaraan beberapa kegiatan dalam rangka Presidensi G20, kami berharap promosi wisata dan produk unggulan Babel dapat turut meningkatkan kinerja perdagangan UMKM," ujar Mendag.

Peluncuran Gernas BBI Bangka Belitung 2022 diselenggarakan di Pendopo Pantai Tanjung Kelayang, Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Presiden Joko Widodo menyampaikan pidatonya secara virtual,d dan dihadiri Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi secara virtual, Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo yang juga secara virtual.

Sementara itu, Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga hadir secara fisik bersama Pj Gubernur Bangka Belitung Ridwan Jamaludin dan jajaran Kementerian Perdagangan dan pemerintah daerah setempat.

Sejumlah UMKM Bangka Belitung juga turut meramaikan acara tersebut dengan menggelar pameran dan menjajakan produk-produk khas dari Kepulauan Bangka Belitung.

Pada kesempatan tersebut diumumkan pula lima UMKM champion yang telah mengikuti pembinaan dari Program Gernas BBI Bangka Belitung sepanjang Februari-April 2022 yakni Bgaya Belitong, Batik Kampung Katak, Billiton Spice, Keripik Cumi Mina, dan Pak Umar.

Pewarta: Sella Panduarsa Gareta

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2022