Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, memastikan foto kemunculan buaya yang dinarasikan terjadi di pantai Tanjung Tinggi adalah disinformasi atau kesalahan informasi.

"Kami pastikan foto kemunculan buaya tersebut adalah disinformasi," kata Kepala Diskominfo Belitung, Muhammad Iqbal dalam keterangan resmi di Tanjung Pandan, Sabtu.

Menurut dia, berdasarkan hasil penelusuran tim Diskominfo Belitung, ditemukan foto serupa di akun media sosial facebook dengan narasi bahwa kejadian tersebut berada di Bawaka, Homeland, Australia.

"Maka foto buaya yang beredar di media sosial masyarakat dan dinarasikan terjadi di pantai Tanjung Tinggi dapat dikategorikan sebagai konten disinformasi," ujarnya.

Sedangkan terkait video yang beredar dengan memuat isu yang sama, lanjut dia, Diskominfo Belitung belum bisa memberikan keterangan apapun.

"Untuk video kemunculan buaya yang dinarasikan di kawasan pantai Tanjung Tinggi menimbulkan keresahan di tengah masyarakat perlu penelusuran lebih lanjut terkait kebenaran konten (video) tersebut," katanya.

Ia mengimbau, masyarakat untuk berhati-hati dalam menerima dan menyebarluaskan informasi apapun yang belum bisa dipastikan kebenarannya.

"Kami imbau untuk memastikan dulu  kebenaran informasi yang diterima, sebelum disebarluaskan atau dibagikan," ujarnya.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2022