Muntok (Antara Babel) - Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Kepulauan Bangka Belitung pada tahun ini tidak menganggarkan bantuan hewan kurban sapi dan kambing untuk masyarakat di daerah itu.

"Dalam dua tahun terakhir memang pemkab tidak menganggarkan bantuan hewan kurban pada Idul Adha, hal ini dimaksudkan untuk memancing kemandirian masyarakat," kata Kasubag Agama Bagian Kesejahteraan Rakyat Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Agus Sunawan, di Muntok, Selasa.

Menurut dia, dalam merayakan Idul Adha pemerintah setempat menekankan pada pesan moral makna hari raya itu sendiri yang dinilai lebih berharga dibandingkan bantuan hewan kurban.

Ia mengatakan, pada umumnya bantuan hewan kurban dianggarkan melalui dana hibah, namun pihaknya sengaja tidak mencantumkannya.

"Kami tidak tahu jika nanti ada pejabat daerah yang menyumbang hewan kurban, jika pun ada pastinya merupakan sumbangan pribadi, bukan atas nama pemkab," katanya.

Ia mengatakan, pada hari raya kurban kali ini Gubernur Babel rencananya akan menyumbangkan dua ekor sapi untuk masyarakat di dua dusun.

Berdasarkan informasi yang diterima, bantuan tersebut akan diserahkan untuk masyarakat Dusun Menggarau, Desa Airnyatoh, Kecamatan Simpang Teritip dan Dusun Limang, Desa Pangkalberas, Kecamatan Kelapa.

"Berdasarkan koordinasi rencananya bantuan tersebut akan diserahkan langsung oleh Gubernur Babel, pada Rabu (23/9) di lokasi masing-masing," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2015