Pangkalpinang (Antara Babel) - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggelar rapat koordinasi untuk memantapkan persiapan menjadi tuan rumah kegiatan "Sail Karimata 2016" yang akan dilangsungkan di empat lokasi di provinsi itu.

"Rakor ini membahas pembangunan sarana dan prasana serta berbagai kegiatan seni budaya yang akan digelar pada 'Sail Karimata 2016'," kata Kepala Disbudpar Provinsi Kepulauan Babel, KA Tajuddin di Pangkalpinang, Jumat.

Rakor itu sendiri dihadiri jajaran dari Bappeda, Dinas Kelautan dan Perikanan, Dinas Pekerjaan Umum, Diskominfo tingkat provinsi dan kabupaten serta para pelaku pariwisata di daerah itu.

"Sail Karimata 2016" akan digelar di Pantai Tanjung Kelayang Kabupaten Belitung, Pantai Serdang di Kabupaten Belitung Timur, Teluk Klabat Kabupaten Bangka Barat dan di Pulau Ketawai Kabupaten Bangka Tengah.

"Pembangunan sarana dan prasarana tentu difokuskan di empat titik yang akan disinggahi kapal-kapal layar dari berbagai negara itu," ujarnya.

Ia mengatakan, kegiatan "Sail Karimata 2016" itu merupakan bagian dari upaya pemerintah daerah meningkatkan investasi bidang kemaritiman, dan pariwisata sekaligus memperkenalkan potensi investasi sumber daya alam lainnya kepada masyarakat internasional.

"Kegiatan itu nanti akan diikuti kapal-kapal layar dari berbagai negara, sehingga kita perlu mempersiapkan berbagai fasilitas agar mereka terkesan melihat keindahan dan seni budaya di daerah ini," ujarnya.

Ia berharap persiapan yang matang dapat menyukseskan kegiatan berskala internasional itu dan Bangka Belitung akan semakin dikenal oleh masyarakat dunia.

"Kegiatan skala internasional ini diharapkan dapat mengangkat potensi wisata dan kunjungan wisatawan mancanegara ke daerah ini," ujarnya.

Pewarta: Aprionis

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2015