Satgas Penanganan COVID-19 Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyatakan sebanyak 80 lokasi isolasi terpusat (Isoter) di Babel tanpa pasien COVID-19, karena semakin melandainya kasus orang terpapar virus corona.

"Hari ini pasien COVID-19 tersisa satu orang dan dirawat di rumah sakit rujukan, " kata Sekretaris Satgas Penanganan COVID-19 Babel Mikron Antariksa di Pangkalpinang, Selasa.

Ia menjelaskan sebanyak 80 lokasi isoter dengan kapasitas 943 tempat tidur pasien COVID-19 tersebut tersebar di Belitung 38 unit, Belitung Timur 24, Bangka Barat sembilan, Bangka lima, Bangka Tengah dua, Pangkalpinang dan Bangka Selatan masing-masing satu isoter.

"Saat ini tingkat keterisian tempat tidur di isoter 0,00 persen, namun demikian kita tetap mensiagakan isoter ini untuk mengantisipasi peningkatan kasus COVID-19" ujarnya.

Ia mengatakan berdasarkan data kasus COVID-19 harian, pasien terpapar virus corona, sembuh dan meninggal akibat COVID-19 ini nihil, sehingga jumlah pasien aktif tersisa satu orang di Kabupaten Bangka Barat.

"Dalam sepekan terakhir ini enam kabupaten/kota yaitu Kota Pangkalpinang, Bangka, Bangka Tengah, Bangka Selatan, Belitung dan Belitung tanpa pasien COVID-19, sehingga sudah dapat dikatakan zona hijau COVID-19," katanya.

Ketua Satgas COVID Kabupaten Belitung Timur Ikhwan Fahrozi mengatakan pemerintah daerah terus menggencarkan vaksinasi untuk mempertahankan Belitung Timur nol kasus COVID-19.

"Kegiatan vaksinasi sudah dilakukan secara masif hingga menyentuh masyarakat di pelosok desa, guna meningkatkan kekebalan tubuh masyarakat dari virus corona ini," katanya. 

Pewarta: Aprionis

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2022