Muntok (Antara Babel) - Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Kepulauan Bangka Belitung, menyalurkan 2.500 ekor benih ikan kerapu kepada kelompok nelayan di Teluk Kelabat, Parittiga.

"Bantuan benih ini kami salurkan kepada kelompok nelayan budi daya yang nantinya akan ditebar dan dibesarkan dalam keramba apung yang ada di lokasi tersebut," kata Kepala Bidang Budi Daya Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bangka Barat Kamso di Muntok, Selasa.

Ia menerangkan penyerahan bantuan benih ikan juga diikuti dengan penyaluran bantuan keramba jaring yang diharapkan mampu meringankan biaya produksi anggota kelomppok nelayan di daerah itu.

"Bantuan stimulan ini kami harapkan bisa menyemangati anggota kelompok nelayan untuk semakin menekuni usaha budi daya yang kami yakini akan mampu memacu kemandirian nelayan," kata dia.

Pada tahap pertama, selain menyalurkan 2.500 benih ikan kerapu, pihaknya juga menyalurkan 10 keramba kepada satu kelompok nelayan.

"Kami juga akan menyalurkan bantuan kepada dua kelompok nelayan, namun masih menunggu proses pengiriman dari pemerintah pusat," katanya.

Ia menerangkan pada 2015 pemerintah menyerahkan bantuan 30 keramba apung beserta benih kerapu untuk tiga kelompok nelayan di Teluk Kelabat.

"Kami berharap Teluk Kelabat yang sudah ditetapkan sebagai lokasi budi daya dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh para nelayan yang berada di sekitarnya sehingga bisa mempercepat terwujudnya masyarakat Bangka Barat yang mandiri dan sejahtera," kata dia.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2015