Muntok (Antara Babel) - Kepolisian Resor Bangka Barat, Kepulauan Bangka Belitung, melaksanakan razia di Pelabuhan Tanjungkalian Muntok untuk mengatisipasi kemungkinan keluarnya kendaraan bermotor hasil pencurian ke luar pulau itu.

"Pelabuhan Tanjungkalian merupakan jalur utama keluar masuk penumpang dan barang dari Pulau Bangka dan Sumatera, kami harapkan melalui razia seperti ini bisa menutup celah keluarnya kendaraan curian ke luar pulau," kata Kapolres Bangka Barat melalui Kepala Polsek Muntok Iptu Yogie Pramagita di Muntok, Sabtu.

Ia mengatakan razia di pelabuhan tersebut sudah dilakukan beberapa kali, dan terakhir digelar pada Selasa (29/9) sekitar pukul 20.00 WIB dengan mengerahkan sejumlah anggota Polsek Muntok.

Pada kegiatan yang dipimpinnya tersebut, polisi melakukan pemeriksaan kelengkapan surat-surat kendaraan bermotor dan pengendara.

"Selain di pelabuhan, secara berkala kami juga melakukan penertiban di beberapa lokasi di wilayah Muntok, namun khusus untuk pelabuhan menjadi titik perhatian karena lokasi tersebut dinilai cukup rawan," katanya.

Ia menerangkan kasus pencurian sepeda motor di wilayah Kabupaten Bangka Barat masih marak, untuk itu diharapkan masyarakat waspada dan berhati-hati menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungannya.

"Tingkat kriminalitas dalam beberapa minggu terakhir cukup tinggi dibuktikan dengan terjadinya tindak pidana pencurian kendaraan bermotor di beberapa lokasi," kata dia.

Ia mengimbau warga proaktif dalam menjaga keamanan lingkungan dan lebih berhati-hati sebagai langkah antisipasi agar tidak menjadi korban pencurian dan tindak kriminal lain.

Selain di Muntok, jajaran Polsek Jebus juga menggiatkan razia di wilayah Kecamatan Jebus dan Parittiga untuk mengantisipasi terjadinya kriminalitas di wilayah tersebut.

"Razia rutin kendaraan bermotor kami lakukan dengan sasaran pengendara dengan mengecek surat-surat dan kelengkapan kendaraan," kata Kapolsek Jebus Kompol Era Jhoni Kurniawan.

Menurut dia, razia tersebut guna mencegah terjadinya tindak pidana dan pencurian kendaraan bermotor.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2015