Pangkalpinang, (ANTARA Babel) - Ikatan Waria atau IWA Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengajak seluruh anggotanya untuk terus menekan angka penyebaran virus HIV/AIDS.

"Jumlah penderita Human immunodeficiency virus infection (HIV) acquired immunodeficiency syndrome (AIDS) di Babel sejak 2007 sampai 2012 tercatat 566 orang, termasuk ibu dan anak," kata Koordinator Lapangan IWA Babel, Topik, di Pangkalpinang, Jumat.

Ia menjelaskan, perkembagan angka penyebaran HIV/AIDS di Babel sangat memperihatinkan, dan tidak menutup kemungkinan nantinya akan terus bertambah.

Oleh karena itu, IWA Babel mengajak seluruh anggotanya untuk terus menumbuhkan kesadaran untuk memotong potensi penyebaran penyakit berbahaya tersebut.

Para anggota yang masih aktif mangkal atau hidup di jalanan diwajibkan membawa kondom dan melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin di klikik yang telah dianjurkan Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Babel.

Selain itu, kata dia, para anggota juga harus wajib saling memperhatikan atau saling membantu kerabat dekat untuk tetap menjaga kesehatan dan menghindari prilaku yang berpotensi menimbulkan HIV/AIDS seperti pergaulan bebas tanpa menggunakan alat kontrasepsi atau kondom.

"Sebenarnya, secara umum kami tidak menganjurkan para anggota terjun di jalanan untuk melakukan pergaulan bebas dan bahkan sangat melarang karena paling berpotensi terjadinya penyebaran penyakit HIV/AIDS," ujarnya.

Akan tetapi, kata dia, saat ini Topik secara rutin mengingatkan para anggotanya untuk meninggalkan rutinitas hidup di jalan yang tidak bermanfaat tersebut, dengan cara mencari pekerjaan tetap yang bisa memberikan kontribusi untuk biaya hidupnya masing-masing.

Selain itu, Topik juga akan mengajak anggotanya yang mau bekerja di perusahaannya yaitu sebagai penjahit pakaian pengantin dan tata rias busana pentas yang semakin digemari masyarakat setempat.

"Saya akan mengajak para anggota yang mau belajar dan bekerja keras untuk bekerja di sini dan saya akan berusaha untuk membimbingnya agar secara perlahan bisa meninggalkan kebiasaan hidup di jalanan," katanya. (T.KR-WRA)

Pewarta:

Editor : Wira Suryantala


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2012