Bupati Bangka Mulkan menilai Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) setempat bersikap tanggap terhadap persoalan yang dihadapi warga kurang mampu di daerah setempat karena dengan cepat memberikan bantuan kepada mereka untuk memenuhi keperluannya.

"Masyarakat yang layak mendapat bantuan sosial lebih cepat menerima bantuan Baznas dibanding bantuan sosial dari pemerintah karena harus melalui proses perencanaan," kata dia di Sungailiat, Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Kamis.

Oleh karena itu, kata dia, Baznas berperan penting di masyarakat karena tanggap dan cepat memberikan bantuan guna meringankan persoalan sosial yang sedang dihadapi warga kurang mampu.

Ia mengapresiasi program kerja Baznas setempat dalam membantu penanganan masalah sosial di daerah itu.

"Kami memberikan apresiasi besar atas program kerja Baznas dalam membantu pemerintah daerah menangani permasalahan sosial masyarakat, seperti bantuan uang tunai, program jambanisasi, dan bantuan pembangunan rumah layak huni," kata dia.

Bupati Mulkan mengimbau umat Muslim yang dianggap mampu untuk menyisihkan sebagian rezekinya dengan membayar zakat mal atau profesi dengan besaran yang sudah diatur dalam syariat Islam.

"Zakal mal yang dibayarkan akan disalurkan kembali membantu masyarakat kurang mampu seperti kesehatan, pendidikan dan sosial lain," jelasnya.

Ketua Ketua Baznas Kabupaten Bangka Nasir Hasan mengatakan pihaknya setiap tahun menyalurkan bantuan uang tunai untuk ribuan mustahik yang tersebar di beberapa desa di daerah itu.

"Selain bantuan uang tunai tahun ini ditetapkan 300 ribu (rupiah, red.) bagi 1.000 mustahik, juga akan membangun fasilitas jamban dan rumah layak huni," kata dia.

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2022